Posted by : Unknown Rabu, 29 Maret 2017


Sebelum bahas Komputasi, pasti banyak dari kalian beranggapan bahwa komputasi sama dengan kalkulasi, dan itu ada benarnya dan salahnya, Karena mereka berbeda tapi mereka berdua saling keterkaitan.

        Kalkulasi adalah proses mentransformasukan satu atau lebih input menjadi output, kalkulasi melibatkan angka-angka dan kata-kata yang menyatakn proses sederhana, sedangkan komputasi menggunakan rule, bahkan bisa tanpa angka-angka. Jadi Kalkulasi adalah prasyarat untuk komputasi.
         
          Teori komputasi berkaitan dengan studi bagaimana persoalan(problem) dapat diselesaikan pada sebuah model dengan menggunakan algoritma, model tersebut dinamakn model komputasi, diantaranya :

1.       Finite State Automata (FSA) atau Finite State Machine (FSM)

2.       Push Down Automata (PDA)

3.       Mesin Turing (Turing Machine (TM))

Dari pembahasan diatas kita dapat mengetahui dan membayangkan implementasi komputasi pada bidang-bidang tertentu, seperti dibawah ini :

1.       Fisika

Dapat dengan mudah pasti implementasi pada bidang ini tidak jauh dengan perhitungan menggunakan komputer, seperti gempa bumi, kecepatan angin, kecepatan kendaraan, dan Aplikasi Caliper Simulator yang membantu siswa mengukur menggunakan jangka sorong.


2.       Kimia

Sama halnya dengan fisika, bidang ini sangat membutuhkan komputer dalam perhitungannya, dari pengukuran suhu, kelembaban udara, malahan banyak aplikasi yang menciptakan simulasi kimia untuk pembelajarannya lebih dipahami, salah satunya Virtual Laboratory.


3.       Matematika

Melihat kata matematika sepertinya sudah termasuk pada fisika dan kimia dimana 2 bidang tersebut sudah ada kaitannya dengan matematika pastinya. Mungkin pengaplikasian yang sesuai adalah seperti Microsof Excel, semua data tentang angka dan hitung menghitung dapat dilakukan dengan mudah, mau data berumlah kecil maupun besar


4.       Ekonomi

Melihat kata ekonomi diotak kita sudah terkontaminasi pastinya berhubungan dengan uang, modal, untung, rugi, dll. Sama halnya pasti ada perhitungan dan termasuk matematika. Komputasi pada bidang ini yang paling dipakai pastinya Microsoft Excel yang sudah terdapat fungsi-fungsi yang mendukung perhitungan seperti untung rugi.

5.       Geologi

Pasti berhubungan dengan Bumi, apa yang dapat dikomputasikan pada bumi ini, bisa cuaca, pergeseran lempeng bumi, gempa bumi, dan masih banyak lagi.


6.       Geografi


Bidang ini berhubungan dengan letak yang ada dibumi, implementasi komputasi pada bidang ini contohnya dari perhitungan luas kawasan atau pulau, tata ruang, dan masih banyak lagi


sumber :
http://informatika.stei.itb.ac.id/~rinaldi.munir/TeoriKomputasi

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

TIME

GUNADARMA

Popular Post

- Copyright © RZ -- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -